Jumat, 09 Juni 2017

Resume 5 Materi Psikologi Pendidikan

Edit Posted by with No comments
PENDIDIKAN PRASEKOLAH

1.      Pengertian
Pendidikan prasekolah merupakan dasar bagi perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, daya cipta dan penyesuaiannya dengan lingkungan sosialnya. Pendidikan prasekolah dilaksanakan dalam rangka mengupayakan membantu pertumbuhan serta perkembangan jasmani dan rohani anak didik di luar lingkungan sebelum memasuki pendidikan dasar. Anak didik pendidikan prasekolah umumnya berusia 3 sampai 6 tahun.
Pendidikan prasekolah antara lain meliputi pendidikan Taman Kanak-kanak, terdapat di jalur sekolah, dan Kelompok Bermain, serta Penitipan Anak di jalur luar sekolah. Taman Kanak-kanak diperuntukan anak usia 5 dan 6 tahun untuk satu atau dua tahun pendidikan, sementara kelompok bermain atau penitipan anak diperuntukan anak paling sedikit berusia tiga tahun
Perkembangan kapasitas intelektual anak yaitu:
·         Mencapai 50% ketika usia 4 tahun
·         80% ketika usia 8 tahun
·         100% setelah 18 tahun

2.      Pendidikan Anak Usia Dini
Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD merupakan upaya pembinaan dan pendidikan yang ditujukan untuk anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lanjut.

3.      pendidikan untuk anak usia dini dapat dilakukan melalui sebuah lembaga satuan pendidikan formal, nonformal ataupun informal yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini. Berikut merupakan beberapa jenis satuan pendidikan tersebut:
1.      Taman Kanak-Kanak
Taman Kanak-Kanak (TK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun.
2.      Kelompok Bermain
Kelompok Bermain (KB) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dalam bentuk bermain sambil belajar bagi anak usia 2 (dua) sampai 4 (empat) tahun yang memperhatikan aspek kesejahteraan sosial anak.
3.       Taman Penitipan Anak
Taman Penitipan Anak (TPA) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dalam bentuk bermain sambil belajar bagi anak usia 0 (nol) sampai 6 (enam) tahun dengan prioritas nol sampai empat tahun yang memperhatikan aspek pengasuhan dan kesejahteraan sosial anak.
4.       Satuan PAUD Sejenis
Satuan PAUD Sejenis (SPS) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal yang menyelenggarakan program pendidikan dalam bentuk bermain sambil belajar bagi anak usia 0 (nol) sampai 6 (enam) tahun yang dapat diselenggarakan dalam bentuk program secara mandiri atau terintegrasi dengan berbagai layanan anak usia dini dan lembaga keagamaan yang ada di masyarakat.

4.      Tujuan Pendidikan Usia Dini
ü  Untuk melatih pergerakan dan keterampilan tubuh anak didik
ü  Untuk pemeliharaan tubuh , kesehatan serta kebugaran
ü  Membentuk anak didik menjadi lebih berfikir kritis, mampu memecahkan masalah, menemukan hubungan sebab akibat
ü  Mendidik anak agar mampu mengembangkan konsep diri dan bersikap positif terhadap pembelajaran
ü  Mendidik anak agar mampu memahami keadaan manusia secara internal
ü  Mendidik anak agar mampu mengenal serta memahami flora dan fauna
ü  Mendidik anak didik agar mampu mengenak peranan masyarakat, kehidupan sosial, dan respek terhadap keragaman sosial budaya.
ü  Mendidik anak didik agar mampu menggunakan bahasa untuk dapat berkomunikasi dengan efektif
ü  Mendidik anak agar mampu menghargai dan menginternalisasi moral dan agama
ü  Mengembangkan potensi-potensi yang sudah tampak pada anak tersebut
ü  Agar dapat melakukan deteksi diri kepada anak terhadap kemungkinan terjadinya gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dimiliki anak didik.

5.      Prinsip-Prinsip PAUD
ü  Mendasarkan tahap pertumbuhan serta perkembangan anak
ü  Memperlihatkan seluruh aspek kecerdasan anak
ü  Memahami karakteristik anak dan mengimplementasikannya di dalam proses pendidikan
ü  Memperhatikan anak secara holistic dan kebutuhan spesifik anak
ü  Memperhatikan budaya dan lingkungan dimana anak hidup atau dibesarkan
ü  Mengupayakan penyelenggaraan PAUD yang murah, mudah dan bermutu.

Semoga bermanfaat yaaaahhh :)



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar