Sabtu, 08 April 2017

Resume Materi Psikologi Pendidikan III

Edit Posted by with No comments
Halooo saya mau lanjut ngeblog nihhhhh…
Resume materi psikologi pendidikan saya yang ketigaaa. Kali ini saya membahas tentang motivasi yang merupakan salah satu topik pembahasan di mata kuliah psikologi pendidikan. Selamat membaca yaaa…

MOTIVASI



Dalam proses pengajaran, motivasi merupakan aspek yang sangat penting, yang juga merupakan komponen utama dari prinsip psikologi learned centre. Motivasi merupakan proses memberi semangat, arahan dan kegigihan perilaku individu atau segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu yang menjadi tujuan. Perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energy, terarah serta tahan lama.
Learned Centered terjadi pada siswa, dan bukan guru. Presepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor paling penting yang memperkuat motivasi dan prestasi murid.
PERSPEKTIF DALAM MOTIVASI
Perspektif psikologis menjelaskan motivasi dengan cara yang berbeda berdasarkan perspektif yang berbeda pula. Disini saya akan membahas keempat perspektif tersebut: behavioral, humanistis, kognitif, dan sosial.
1.      Perspektif Behavioral
ü  Menekankan pada imbalan dan hubungan eksternal sebagai kunci menentukan motivasi
ü  Motivasi murid sebagai konsekuensi dari insentif eksternal
ü  Insentif adalah peristiwa atau stimuli positif atau negative yang dapat memotivasi perilaku murid
ü  Insentif dapat menambah minat atau kesenangan pada pelajaran dan mengarahkan perhatian kepada perilaku yang tepat dan dapat menjauhkan dari perilaku tidak tepat
ü  Bentuk insentif yaitu nilai yang baik, tanda bintang, pujian dan penghargaan.

2.      Perspektif Humanistik
ü  Menekankan pada kapasitas murid untuk mengembangkan kepribadian serta kebebasan untuk memilih nasib sendiri
ü  Berkaitan dengan pandangan Abraham Maslow bahwa kebutuhan dasar tertentu harus dipuaskan dahulu sebelum memuaskan kebutuhan yang lebih tinggi
ü  Hirarki kebutuhan menurut Maslow yaitu
o   kebutuhan fisik, yaitu lapar, haus, tidur
o   kebutuhan keamanan, yaitu bertahan hidup, perlindungan diri dari perang dan kejahatan
o   cinta dan rasa memiliki, yaitu keamanan, kasih sayang dan perhatian
o   harga diri, yaitu menghargai diri sendiri
o    aktualisasi diri, yaitu realisasi potensi diri

3.      Perspektif Kognitif
ü  Menekankan pada pemikiran muridlah yang akan memandu motivasi mereka
ü  Menekankan arti penting dari penentuan tujuan, perencanaan dan monitoring kemajuan menuju suatu tujuan
ü  Minat murid berfokus pada ide-ide seperti motivasi internal mereka untuk mencapai sesuatu seperti persepsi tentang sebab-sebab kesuksesan dan kegagalan.

4.      Perspektif Sosial
ü  Di dalam perspektif sosial terdapat kebutuhan afiliasi atau keterhubungan
ü  Kebutuhan afiliasi adalah motif untuk berhubungan dengan orang lain secara aman
ü  Ini membutuhkan pembentukan, pemeliharaan dan pemulihan hubungan personal yang hangat dan akrab
ü  Kebutuhan afiliasi tersermin dalam motivasi mereka untuk mengabiskan waktu bersama teman, kawan dekat, keterikatan dengan orangtua, dan keinginan untuk menjalin hubungan positif dengan guru.


Terdapat bentuk motivasi yaitu: motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsic

1.      Motivasi Ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain yang menjadi tujuan. Motivasi ekstrinsik sering dipengaruhi oleh insentif eksternal seperti imbalan dan hukuman. Contohnya seorang anak yang rajin belajar untuk mendapatkan insentif berupa hadiah dari orangtuanya.

2.      Motivasi intrinsik
Motivasi intrinsik adalah motivasi internal atau dari dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu demi mendapatkan sesuatu itu sendiri atau sebuah tujuan.  Contonya, seorang anak akan belajar walaupun tidak disuruh karena ia senang dengan mata pelajaran tersebut.


Terimakasih sudah membaca guysss semoga bermanfaat yaaa J

lihat juga postingan berikut yaa
Laporan Observasi



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar