Hellooo netizen, ketemu
lagi sama postingan saya yang berikutnya…
Kali ini saya akan
membahas tentang Tahap Perkembangan Pendidikan khususnya pada anak-anak dan
remaja..
Selamat membacaaa J
TAHAP
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN : ANAK-ANAK DAN REMAJA
Tahap perkembangan
manusia dikaitkan dengan pendidikan. Tahap perkembangan pendidikan tiap jenjang
pendidikan berbeda-beda yang dikarenakan perbedaan usia sehingga beda pula
proses perkembangan yang dimiliki. Jadi, perkembangan yang dimiliki manusia ada
bermacam-macam, yaitu sebagai berikut:
·
Perkembangan Kognitif oleh Piaget
·
Perkembangan Moral oleh Kohlberg
·
Perkembangan Psikososial oleh Erikson
I.
Masa Bayi (usia 0-2 tahun)
·
Pertumbuhan fisik dan panca indera cepat
·
Belajar dari perlakuan lingkungan
·
Membentuk attachment behavior dengan figure
terdekat
II.Masa Kanak-Kanak
Awal / Prasekolah (usia 2-6 tahun)
·
Negativis (membangkang)
·
Masa bermain (cooperative play,
associative play, parallel play, unoccupied behavior, onlooker behavior)
·
Masa eksplorasi
·
Masa meniru, melalui televisi,
lingkungan, orangtua, dll.
Contoh:
tidak mau makan, tidak mau tidur siang, tidak mau berhenti bermain. Dan perilaku
ini merupakan sebuah perilaku yang normal.
Ø Tahap
perkembangan kognitif (Piaget) yaitu tahap praoperasional;
Dengan
cirri-ciri sebagai berikut:
o
Belajar menggunakan bahasa
o
Cara berfikir egosentris
Ø Tahap
perkembangan moral (Kohlberg) yaitu prakonvensional;
o
Tahap I yaitu usia 2-4 tahun
Yaitu
orientasi hukuman, ingin senang, tidak ingin mendapatkan hukuman. Jika dia
takut hukuman maka ia patuh agar tidak mendapat hukuman.
o
Tahap II yaitu usia 4-6 tahun
Yaitu
orientasi hadiah atau ganjaran, yang mau melakukan sesuatu jika ada hadiah atau
reward. Contoh: hadiah berupa benda, pujian, ciuman, dll.

Membiarkan
si anak bermain, biarkan anak belajar sambil bermain, mengenal sesuatu, jangan
dipaksa untuk belajar (membaca, menghapal, menulis dan menghitung), mulailah
dari belajar moral dasar.
Contoh
: dalam permainan diajarkan untuk bermain dengan jujur, disiplin, dan sportif.
III.
Masa kanak-kanak Akhir
·
Sejak usia 6 tahun sampai matang secara
seksual (sekolah dasar)
·
Satu sampai dua tahun terakhir masa
prapubertas
·
Pengaruh teman sebaya mulai dominan
Ø Tahap
Kognitif yaitu tahap operasional-konkrit
o
Mampu berfikir logis tentang suatu objek
dan kejadian
o
Mampu mengklasifikasikan objek
o
Harus konkrit dan nyata
Ø Perkembangan
moral yaitu tahap konvensional
o
Tahap 3 = ungkapan “good boy/girl”
Senang
jika dianggap baik, maka mereka senang dipuji.
o
Tahap 4 = orientasi otoritas
Patuh
pada orang yang dia hormati atau ditakuti. Contoh : guru ataupun orangtua.
Ø Tahap
industry vs inferiority oleh Erikson
Anak
pada tahap ini jika diejek maka dia akan merasa rendah diri, tidak percaya
diri, dan tidak berani menampilkan kebiasaannya. Maka, mereka harus dimotivasi,
dipuji, dan menunjukkan kebanggaan atas karyanya dan jangan dicela.
IV.
Masa Remaja (pada usia 11 atau 12 hingga 18 atau 24
tahun)
·
Perkembangan fisik: mengarah ke bentuk
badan orang dewasa
·
Perkembangan seksual: mulai aktifnya hormon
seksual
·
Perkembangan heteroseksual: tertarik
pada lawan jenis
·
Perkembangan emosional: emosi tidak
stabil, berubah-ubah dan cenderung meledak-ledak.
Ø Perkembangan
Kognitif yaitu operasional formal
o
Mampu berfikir logis mengenai sesuatu
yang abstrak
o
Menaruh perhatian tentang masa depan,
konsep ideologis
o
Pola pikir egosentris
Ø Perkembangan
identitas diri yaitu tahap identity vs role confusion
o
Mulai timbul pertanyaan “siapa saya?”
o
Cenderung meniru idolanya atau orang
yang dikaguminya
Ø Perkembangan
moral : kebanyakan tingkat konvensional namun sebagian sudah post-konvensional
o
Tahap 5 yaitu rientasi kontak sosial
Yaitu
sudah mulai bisa memahami kepentingan orang lain dan memberikan kesempatan
orang lain untuk mengeksplore diri dan orang lain juga membutuhkan kesempatan
untuk mengeksplore diri dan diakui.
o
Tahap 6 yaitu orientasi asal etis
Tahap
dimana mereka mulai melakukan sesuatu karena etika.

ü Mulai
dilatih mengendalikan emosi
ü Mulai
mengajarkan pergaulan yang sehat
ü Diajarkan
cara mengekspresikan diri yang tepat
ü Diajarkan
mana yang baik dan buruk serta apa dampaknya
Daftar Pustaka
Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Prenadamedia Group
Nah, penjelasan tersebut merupakan sekilas
tentang tahap perkembangan. Terimakasi sudah membaca dan semoga bermanfaat yaaa
J
Lihat juga postingan berikut yaaa
Laporan Observasi
Lihat juga postingan berikut yaaa
Laporan Observasi
0 komentar:
Posting Komentar