Sabtu, 08 April 2017

Resume Materi Psikologi Pendidikan I

Edit Posted by with No comments
Halo netizen ketemu lagi dengan postingan blog sayaaa.
Kali ini saya akan membahas tentang materi dari Psikologi Pendidikan dengan judul Psikologi Pendidikan dan Ruang Lingkupnya.


PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN RUANG LINGKUPNYA
·       Defensi Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang khusus pada cara memahami  pengajaran dan pembelajaran di lingkungan pendidikan.
Pengajaran : merupakan proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai tujuan serta dirancang untuk mempermudah proses belajar.
Pembelajaran : merupakan proses interaksi peserta didik dengan penduduk dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar .
Belajar : merupakan proses perubahan dalam diri sendiri.

·       Tokoh perintis Psikologi Pendidikan
1.      Willian James
ü  Merupakan bapak psikologi Amerika
ü  Mengungkapkan bahwa penting untuk mempelajari proses belajar dan mengajar dikelas
ü  Merekomendasikan mengajar pada titik sedikit lebih tinggi diatas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala pemikiran anak.

2.      John Dewey (1859-1952)
ü  Penggerak psikologi di bidang praktis
ü  Membangun laboratorium psikologi pertama di Amerika Serikat
ü  Pandangan :
o   Anak sebagai pembelajar aktif
o   Pendidikan berfokus pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan adaptasi anak dengan lingkungan
o   Semua anak berhak mendapat pendidikan selayaknya

3.      E. L. Thorndike (1874-1949)
ü  Ia merekomendasikan untuk memberi perhatian pada penilaian dan pengukuran serta perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah.
ü  Sangat ahli dalam studi belajar dan mengajar
ü  Memiliki gagasan: psikologi pendidikan harus memiliki basis ilmiah dan fokus pada pengukuran.


4.      B.F. Skinner (Pendidikan Behavioral)
ü  Operan Conditioning : konsekuensi perilaku akan mengakibatkan perubahan dalam probabilitas perilaku itu akan terjadi.
ü  Konsekuensi (reinforcement-punishment) bersifat sementara pada perilaku organism
ü  Ia mengatakan bahwa proses mental yang dikemukakan James & Dewey adalah proses yang tidak dapat diamati dan karenanya tidak bisa menjadi studi psikologi ilmiah yang menurutnya adalah ilmu tentang perilaku yang dapat diamati dan ilmu kondisi-kondisi yang mengendalikan perilaku.


Cara Mengajar Yang Efektif

·       Pengetahuan dan Keahlian Profesional
1.      Penguasaan materi pelajaran
ü  Menyampaikan materi dengan baik
ü  Fleksibel dan berpengetahuan tinggi

2.      Strategi pengajaran
ü  Pemahaman konstruktivisme (James Dewey)
Anak secara aktif membangun dan menyusun pengetahuan dan pemahamannya. Misalnya, guru memberi info dan mendorong siswa untuk mengeksplorasi, menemukan, merenungkan dan berfikir kritis.

3.      Penetapan tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
Guru yang efektif harus menentukan tujuan pengajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu. Mereka yang harus menyusun kriteria tertentu agar sukses. Dalam menyusun rencana, guru memikirkan tentang cara agar pelajaran bisa menantang sekaligus menarik.

4.      Keahlian manajemen kelas
ü  Membangun dan mempertahankan lingkungan belajar yang kondusif
ü  Mampu menjaga kelas tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas.

5.      Keahlian motivasional
ü  Punya strategi yang baik untuk memotivasi murid agar bersemangat untuk belajar

6.      Keahlian motivasi
ü  Keahlian berbicara, mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal dan nonverbal
ü  Mampu memecahkan konflik secara kondusif

7.      Bekerjasama secara efektif dengan murid dari latar belakang cultural

8.      Keahlian teknologi

ü  Guru yang efektif mengembangkan keahlian teknologi dan mengintegrasikan computer ke dalam proses belajar dikelas
ü  Tahu cara menggunakan computer dan cara mengajar murid untuk menggunakan komputer untuk menulis dan berkreasi

·       Komitmen dan Motivasi
ü  Guru yang efektif punya kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan tidak akan membiarkan emosi negative melunturkan motivasi mereka.
ü  Guru yang efektif akan membawa sikap positif dan semangat ke dalam kelas

Psikologi Pendidikan dan Sekolah
ü  Psikologi pendidikan cenderung pada konten psikologi belajar, pengukuran, dan pengembangan tes prestasi.
ü  Psikologi sekolah cenderung berkonsentrasi pada kegiatan mendiagnostik permasalahan di lingkungan sekolah.

Sedikit tentang e-learning
ü  Sistem pendidikan berbasis dunia cyber disebut e-learning
ü  Pergeseran system pendidikan berbasis tradisional (tatap muka) menjadi dibatasi oleh ruang dan waktu.


Daftar Pustaka
Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group


Nah, ini dia sekilas tentang psikologi pendidikan dan ruang lingkupnya..
Semoga bermanfaat ya teman-temannn… sampai ketemu di postingan berikutnya J


lihat juga postingan berikut yaa
Laporan Observasi




0 komentar:

Posting Komentar