Halo netizen ketemu
lagi dengan postingan blog sayaaa.
Kali ini saya akan
membahas tentang materi dari Psikologi Pendidikan dengan judul Psikologi
Pendidikan dan Ruang Lingkupnya.
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN DAN RUANG LINGKUPNYA
·
Defensi Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan
merupakan cabang ilmu psikologi yang khusus pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran di lingkungan
pendidikan.
Pengajaran : merupakan
proses pendidikan yang sebelumnya direncanakan dan diarahkan untuk mencapai
tujuan serta dirancang untuk mempermudah proses belajar.
Pembelajaran :
merupakan proses interaksi peserta didik dengan penduduk dan sumber belajar
pada suatu lingkungan belajar .
Belajar : merupakan
proses perubahan dalam diri sendiri.
·
Tokoh perintis Psikologi Pendidikan
1. Willian
James
ü Merupakan
bapak psikologi Amerika
ü Mengungkapkan
bahwa penting untuk mempelajari proses belajar dan mengajar dikelas
ü Merekomendasikan
mengajar pada titik sedikit lebih tinggi diatas tingkat pengetahuan dan
pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala pemikiran anak.
2. John
Dewey (1859-1952)
ü Penggerak
psikologi di bidang praktis
ü Membangun
laboratorium psikologi pertama di Amerika Serikat
ü Pandangan
:
o
Anak sebagai pembelajar aktif
o
Pendidikan berfokus pada anak secara
keseluruhan dan memperkuat kemampuan adaptasi anak dengan lingkungan
o
Semua anak berhak mendapat pendidikan
selayaknya
3. E.
L. Thorndike (1874-1949)
ü Ia
merekomendasikan untuk memberi perhatian pada penilaian dan pengukuran serta
perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah.
ü Sangat
ahli dalam studi belajar dan mengajar
ü Memiliki
gagasan: psikologi pendidikan harus memiliki basis ilmiah dan fokus pada
pengukuran.
4. B.F.
Skinner (Pendidikan Behavioral)
ü Operan
Conditioning : konsekuensi perilaku akan mengakibatkan perubahan dalam probabilitas
perilaku itu akan terjadi.
ü Konsekuensi
(reinforcement-punishment) bersifat sementara pada perilaku organism
ü Ia
mengatakan bahwa proses mental yang dikemukakan James & Dewey adalah proses
yang tidak dapat diamati dan karenanya tidak bisa menjadi studi psikologi
ilmiah yang menurutnya adalah ilmu tentang perilaku yang dapat diamati dan ilmu
kondisi-kondisi yang mengendalikan perilaku.
Cara
Mengajar Yang Efektif
·
Pengetahuan dan Keahlian Profesional
1. Penguasaan
materi pelajaran
ü Menyampaikan
materi dengan baik
ü Fleksibel
dan berpengetahuan tinggi
2. Strategi
pengajaran
ü Pemahaman
konstruktivisme (James Dewey)
Anak
secara aktif membangun dan menyusun pengetahuan dan pemahamannya. Misalnya,
guru memberi info dan mendorong siswa untuk mengeksplorasi, menemukan,
merenungkan dan berfikir kritis.
3. Penetapan
tujuan dan keahlian perencanaan instruksional
Guru
yang efektif harus menentukan tujuan pengajaran dan menyusun rencana untuk
mencapai tujuan itu. Mereka yang harus menyusun kriteria tertentu agar sukses.
Dalam menyusun rencana, guru memikirkan tentang cara agar pelajaran bisa
menantang sekaligus menarik.
4. Keahlian
manajemen kelas
ü Membangun
dan mempertahankan lingkungan belajar yang kondusif
ü Mampu
menjaga kelas tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas.
5. Keahlian
motivasional
ü Punya
strategi yang baik untuk memotivasi murid agar bersemangat untuk belajar
6. Keahlian
motivasi
ü Keahlian
berbicara, mendengar, mengatasi hambatan komunikasi verbal dan nonverbal
ü Mampu
memecahkan konflik secara kondusif
7. Bekerjasama
secara efektif dengan murid dari latar belakang cultural
8. Keahlian
teknologi
ü Guru
yang efektif mengembangkan keahlian teknologi dan mengintegrasikan computer ke
dalam proses belajar dikelas
ü Tahu
cara menggunakan computer dan cara mengajar murid untuk menggunakan komputer
untuk menulis dan berkreasi
·
Komitmen dan Motivasi
ü Guru
yang efektif punya kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka dan tidak akan
membiarkan emosi negative melunturkan motivasi mereka.
ü Guru
yang efektif akan membawa sikap positif dan semangat ke dalam kelas
Psikologi Pendidikan dan Sekolah
ü Psikologi
pendidikan cenderung pada konten psikologi belajar, pengukuran, dan
pengembangan tes prestasi.
ü Psikologi
sekolah cenderung berkonsentrasi pada kegiatan mendiagnostik permasalahan di
lingkungan sekolah.
Sedikit tentang e-learning
ü Sistem
pendidikan berbasis dunia cyber disebut e-learning
ü Pergeseran
system pendidikan berbasis tradisional (tatap muka) menjadi dibatasi oleh ruang
dan waktu.
Daftar Pustaka
Santrock, John W. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Prenadamedia Group
Nah, ini dia sekilas tentang psikologi pendidikan
dan ruang lingkupnya..
Semoga bermanfaat ya teman-temannn… sampai ketemu di
postingan berikutnya J
lihat juga postingan berikut yaa
Laporan Observasi
Laporan Observasi
0 komentar:
Posting Komentar